Minggu, 08 Mei 2016

Pabrik Sandal New Era di Gresik Kebakaran





Pabrik sandal dan sepatu PT New Era Rubberindo di Jalan Mayjen Sungkono 61-65, Desa Prambanan, Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terbakar hebat pada Sabtu sore, 7 Mei 2016. Hingga malam, mobil pemadam kebakaran dari Gresik dan Surabaya masih berjibaku melakukan pemadaman.
Menurut petugas keamanan pabrik, Paidi (70 tahun), api mulai membakar gudang bagian sandal jepit di IM2 nomor 10 dan 11. Waktu itu, pekerja teknik sedang melakukan kegiatan mengelas di bagian atas gudang. Diduga, percikan api di ujung las mengenai busa yang jadi bahan sandal.
Memang, di lantai gudang banyak bertumpukan busa atau spon. Karena mudah terbakar, percikan api dari las langsung memunculkan api besar. Gudang nomor 10 dan 11 pun terbakar.

"Yang terbakar gudang penyimpanan bahan karet," kata Paidi kepada wartawan.
Tiga mobil pemadam kebakaran dari Pemkab Gresik, satu PMK milik PT Semen Indonesia, dan satu unit PMK dari Petrokimia, berjibaku melakukan pemadaman. Tapi api sulit dipadamkan karena terhambat suplai air. Akibatnya, api merambat dan membakar tiga gudang lainnya.

Total lima bangunan pabrik terbakar. Satu bangunan merupakan kantor manajemen, sedangkan sisanya gudang penyimpanan bahan baku sandal dan sepatu.
Belum ditemukan adanya korban jiwa dalam kebakaran ini. Kebetulan karyawan banyak yang libur. Sementara kerugian material diperkirakan mencapai miliaran rupiah. "Semoga kebakaran cepat padam," kata Manager HRD PT New Era, Hasan Olah.

0 komentar:

Posting Komentar