Kamis, 03 Juli 2014

Samsung Perlahan Gerus Pasar Apple di Eropa





Apple memang masih mendominasi pasar smartphone di Eropa. Namun siapa sangka jika beberapa persen penggemar setianya mulai tertarik menggunakan Samsung.

Data terbaru dari Kantar Worldpanel ComTech menyebutkan jika Samsung galaxy S5 merupakan smartphone dengan penjualan terbesar ketiga di Eropa pada Mei ini. Pamornya masih di bawah pesaing, yaitu iPhone 5S dan 5C.

Setelah dirilis sebulan lalu di Eropa, angka penjualan Samsung Galaxy S5 mulai terlihat. Meski berada di posisi ke-3 untuk urusan jumlah unit penjualan, namun yang menarik adalah para pembelinya. Menurut data dari Kantar, sebanyak 17 persen pengguna Apple iPhone di Eropa tertarik berpindah ke Samsung.

Data ini didapat Kantar Worldpane setelah melakukan tinjauan di 5 titik pasar di Eropa. Jika sebanyak 17 persen pengguna Galaxy S5 dikontribusi dari pengguna iPhone yang 'kapok', sebanyak 58 persen pembeli Galaxy S5 di Eropa merupakan pengguna setia Samsung. Pengguna Samsung lama masih kepincut teknologi dan desain yang ditawarkan Galaxy S5.

"Samsung Galaxy S5 memang telah sukses menarik perhatian para smartphone mania, bahkan para pengguna iPhone di sepanjang Eropa. Secara umum, para pengguna iPhone yang membeli Galaxy S5 dikarenakan mereka merasa tertarik dengan ukuran layar Galaxy S5 yang tergolong lebih besar dibanding iPhone," ujar Dominic Sunnebo, Direktur Strategi Kantar Worldpanel ComTech, seperti dikutip dari Cellular News, Rabu, 2 Juli 2014.

Hal inilah, lanjut Sunnebo, yang menyebabkan tersiar kabar jika Apple akan meluncurkan iPhone 6 dengan layar yang lebih besar dari biasanya. Peluncuran iPhone 6 dikabarkan akan berlangsung pada September ini.

Di Eropa, untuk urusan sistem operasi, Android masih mendominasi dengan pangsa pasar 73,3 persen. Sedangkan Apple berada di posisi kedua dengan marketshare 16,6 persen. Windows berada di belakang iOS dengan 8,1 persen.

"Di Amerika, penjualan Samsung Galaxy S5 mendududki posisi kedua penjualan smartphone terbanyak bulan Mei lalu. Angka ini berada di bawah iPhone 5S. Amerika merupakan basis Apple fan boy," ujar Sunnebo.

Meski Galaxy S5 masih kalah dibanding iPhone 5S namun dari sisi total penjualan semua tipe smartphone, Samsung diklaim yang tertinggi. Penjualan smartphone Samsung secara keseluruhan mencapai 36,8 persen di Amerika. Terpaut hanya sedikit dibanding Apple yang penjualannya mencapai 32,5 persen sepanjang 3 bulan lalu.

"Yang harus diperhatikan adalah, data kami menunjukkan jika sebanyak 8 persen pengguna iPhone memberikan kontribusi kenaikan penjualan Galaxy S5 di Amerika. Kebanyakan pengguna baru Samsung adalah mantan pengguna LG dan HTC," ujar Sunnebo.

0 komentar:

Posting Komentar