Minggu, 23 Maret 2014

Karena Polusi, Rakyat China Jual Udara Segar Kemasan





Karena Polusi, Rakyat China Jual Udara Segar KemasanJika melihat foto diatas, anda mungkin berfikir bahwa wanita itu sedang menjual air minum kemasan. Namun faktanya isi dari botol dan kaleng yang dijual oleh wanita tersebut bukanlah air tetapi udara. Sebagai akibat dari polusi udara yang semakin parah menyelimuti China dari hari ke hari, beberapa orang di China terinspirasi untuk menjual udara pegunungan yang segar. Udara segar itu dikemas dalam wadah kaleng dan botol. Lantas adakah orang yang tertarik untul membelinya?

Dikutip dari Express, adalah warga yang tinggal di Luanchuan County, Provinsi Henan, China, yang memiliki ide untuk memperoleh penghasilan dengan menjual udara segar dalam kemasan. Rencananya udara segar dalam kemasan itu akan dijual ke penduduk di seluruh China yang kini sedang dilanda masalah polusi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menggambarkan apa yang dialami China sebagai krisis lingkungan.

Gambar-gambar yang beredar menunjukkan staf dari pariwisata serta biro pengujian lingkungan dan kehutanan mengumpulkan udara di Pegunungan Laojun. Wakil Direktur Biro Pariwisata Luanchuan, Duan Junwei, sebagai langkah awal, kaleng-kaleng berisi udara segar tersebut akan diberikan kepada warga kota secara cuma-cuma. Namun nantinya, setiap orang yang ingin merasakan segarnya udara pegunungan dalam kemasan tersebut harus membayar. Sayang tidak disebutkan berapa harga udara segar kemasan tersebut.

Bulan lalu delapan kota di seluruh China, termasuk Beijing, diselimuti kabut asap tebal. Anak-anak dilarikan ke rumah sakit akibat masalah pernapasan. Bahkan pesawat dikandangkan dan mobil diminta untuk tidak berkeliaran di jalanan. Pada 2013 pernah terjadi masa ketika polusi begitu buruk. Hal itu terlihat dari angkasa, sementara dari hasil pembacaan kualitas udara angka polusi mencapai 500, sepuluh kali lebih banyak dari jumlah yang aman.

0 komentar:

Posting Komentar