Senin, 24 Maret 2014

Cara Merawat Kesehatan Mata





Kita terkadang kerap lupa untuk merawat kesehatan mata. Walau sebenarnya mata termasuk dalam lima indera paling penting pada tubuh manusia. Tanpa mata, kita tak dapat menyaksikan keindahan dunia ini dan wajah orang-orang terdekat kita. Untuk memastikan mata tetap sehat bersamaan dengan bertambahnya umur, berikut adalah sepuluh langkah merawat kesehatan mata Anda.


1. Makan banyak buah-buahan dan sayuran
Wortel sarat bakal beta karoten yang benar-benar membantu dalam hal melindungi kesehatan mata Anda. Itu dikarenakan beta karoten adalah antioksidan yang bisa mengurangi resiko degenerasi makula.
2. Jauhi menggunakan lensa kontak selama lebih dari 19 jam
Hal semacam ini bisa mengakibatkan rusaknya mata permanen dan ketidaknyamanan pada mata Anda. Janganlah juga menggunakan kacamata terlampau lama.
3. Kurangi pemakaian tetes mata
Kurangi penggunaan obat tetes mata. Memakai tetes mata untuk menangani mata merah boleh – boleh saja, akan tetapi hanya sesekali. Bila terlalu berlebih, itu jadi bakal mengakibatkan kerusakan kesehatan mata Anda.
4. Gunakan mentimun
Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Simpan irisan mentimun yang dingin dan lembut diatas kelopak mata selama 15 menit sebelum tidur pada malam hari untuk mencegah bengkak.
5. Gunakanlah kacamata hitam pelindung UV
Pakai lensa yang terpolarisasi, bukan hanya cuma sekedar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV dibutuhkan untuk melawan paparan dari cahaya matahari.
6. Hindari duduk terlampau lama di depan komputer
Untuk melindungi kesehatan mata, cobalah tidak untuk menggunakan terlampau banyak waktu di depan monitor komputer. Hal semacam itu bisa bikin mata lelah.
7. Gunakan kacamata di waktu yang tepat
Pastikan untuk menggunakan kacamata atau manfaatkan pelindung mata yang lain saat bekerja di kira-kira bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang beresiko.
8. Janganlah membaca dalam cahaya redup
Untuk melindungi kesehatan mata, jauhi membaca dalam cahaya lampu yang redup yang dapat mengakibatkan ketegangan mata. Bila mata jadi lelah, berhentilah untuk sementara waktu dan beristirahat yang cukup.
9. Janganlah langsung memandang cahaya yang terlampau terang
Janganlah langsung melihat cahaya yang terlampau terang. Janganlah fokuskan mata Anda pada cahaya matahari, lantaran bisa mengakibatkan kerusakan mata Anda.
10. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai
Coba memfokuskan mata disuatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangilah proses ini selama beberapa kali. Duduklah, letakkan siku pada pinggul, tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama sepuluh detik. Buka mata Anda serta ulangilah seperlunya.
Inilah sepuluh langkah untuk memelihara kesehatan mata. Ingat, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Rawatlah mata Anda lantaran tanpa mata Anda tidak akan dapat melihat indahnya dunia ini.

0 komentar:

Posting Komentar