Senin, 23 September 2013

Ilmuan Spanyol Temukan Teknologi Self Healing Terminator





Self Healing Ilmuan Spanyol Temukan Teknologi Self Healing TerminatorSelf Healing - Terminator merupakan film bergenre teknologi. Salah satu sisi yang paling diingat ialah kemampuannya dalam menyembuhkan luka dengan sendirinya. Ternyata kemampuan ini juga bisa kita temui dalam kehidupan nyata.
Peneliti asal Spanyol menemukan polimer yang mampu memperbaiki kerusakan material dengan sendirinya. Teknologi Self Healing ala Terminator ini mampu menyempurnakan kembali suatu material hanya dalam waktu dua jam.
Polimer dengan kemampuan memperbaiki suatu barang dalam waktu lumayan singkat ini ditemukan oleh peneliti dari CIDITEX Centre for Elevtrochemical Technologies, Ibon Odriozola. Self Healing menjadi alternatif perbaikan suatu benda di masa mendatang.
Self Healing ini terbuat dari material yang terbentuk dari poli (uretan-urea) elastomer matriks, yang merupakan sebuah jaringan dengan interaksi molekular dengan kompleks yang mampu memperbaiki struktur jaringan yang rusak dengan sendirinya.
Untuk sederhananya, material ini tidak memerlukan perbaikan dari luar untuk memperbaiki kerusakan yang ada. Seperti pada gambar, uji coba dilakukan dengan memotong benda dengan pisau dan dengan menunggu waktu selama dua jam, benda tersebut dapat pulih hingga 97 persen seperti semula.
Hasil karya pemuda asal Spanyol ini untuk kedepannya bisa dikembangkan, salah satunya dalam penggunaan serta memperbaiki komponen komputer yang mudah rusak. Ibon Odriozola menyebutnya reaksi metatesis, reaksi Self Healing tanpa membutuhkan lapisan banyak.
Selama uji coba, kemampuan Self Healing ini mampu mengembalikan benda yang rusak ke bentuk semula dengan baik. Mudah-mudahan kemampuan ini dapat dikembangkan untuk masa mendatang.
Mungkin itu saja gan informasi yang bisa ane berikan tentang Ilmuan Spanyol Temukan Teknologi Self Healing Terminator semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar