Sabtu, 05 Mei 2018

Ukuran Puting Pengaruhi Kemampuan Menyusui, Benarkah?





Jika Anda bertanya-tanya apakah ukuran puting bisa mempengaruhi proses menyusui, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, riset baru menunjukkan bahwa ukuran puting tidak mempengaruhi kemampuan Anda untuk menyusui.

Selain itu, tidak ada keuntungan evolusioner memiliki puting besar atau kecil. Dilansir laman Metro, riset University of Queensland menganalisis puting dan mengukur dada dari 63 partisipan pria dan wanita.

Ditemukan bahwa ukuran puting bukanlah sebuah faktor dalam kemampuan menyusui seorang ibu. Mereka juga menemukan bahwa puting pria rata-rata 36 persen lebih kecil dibandingkan wanita.

"Kami menemukan bahwa puting wanita secara signifikan lebih bervariasi dibandingkan puting pria. Temuan bahwa puting wanita sangat bervariabel meragukan studi sebelumnya yang mengindikasikan bahwa variasi dalam fitur spesifik menunjukkan rendahnya fungsionalitas," ujar pemimpin penelitian, Ashleigh Kelly.
Puting pria tidak memiliki kegunaan, tidak bisa memberi makan pada manusia dan diyakini sebagai hasil ciptaan evolusioner. Tapi, puting itu kemungkinan besar adalah ukuran standar.
Sedangkan puting wanita memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun tidak berarti kegunaannya berbeda dalam hal memberi makan bayi ketika lapar.
Jika puting Anda besar, tidak perlu khawatir bayi Anda kesulitan untuk menyusui karena studi sebelumnya telah membuktikannya. Puting yang rata atau terbalik tidak akan menghalangi proses menyusui.
Anda bahkan masih bisa menyusui jika punya tindikan di puting. Tapi, pastikan bekas tindikan sudah benar-benar pulih dan Anda sudah melepas perhiasan sebelum menyusui.
Beberapa ibu mengalami komplikasi karena tindikan di puting, meliputi infeksi, air susu ibu (ASI) bocor atau menyembur dari tempat tindikan, aliran susu tersumbat, dan suplai ASI yang berkurang.
Meskipun banyak manfaat sehat untuk orangtua dan bayi berkaitan dengan menyusui, tapi bukan berarti Anda bisa meremehkan ibu yang memilih tidak menyusui atau tidak bisa menyusui.

0 komentar:

Posting Komentar