Senin, 10 Februari 2014

Pisang, Bikin Tidur Lebih Nyenyak





Sama seperti yang banyak dialami oleh orang tua lain, Maryann Battersby, kesulitan mengajak putra ketiganya untuk tidur tepat waktu. Aaron Hopkins, selalu terbangun di tengah malam dengan berteriak dan ketakutan akan monster dan laba-laba. Saat hal itu terjadi, Aaron akan berlari dari kamarnya sekitar pukul 3 pagi dan membangunkan orang tuanya.

Hal ini cukup membuat Maryann lelah dan takut dengan kondisi buah hatinya itu. Bersama sang suami, Matthew Hopkins, Maryann pun melakukan berbagai cara untuk membuat anak laki-lakinya itu tidur dengan nyenyak di malam hari. Mulai dari menggunakan musik yang menenangkan, lampu tidur berwarna oranye, hingga mengubah dekorasi kamarnya. Namun tidak satupun yang berhasil.

Aaron juga mengonsumsi obat yang mengandung melatonin, sebuah hormon yang biasanya dihasilkan oleh tubuh untuk mengatur siklus harian, tapi tetap saja gagal. Hingga akhirnya, Maryann menemui Vicki Dawson, seorang ahli tidur di Arnold Centre, Rotherham, South Yorkshire. Dari Dawson, Maryann disarankan untuk memberikan buah pisang kepada Aaron untuk dikonsumsi sebelum tidur. Dan kini, hidupnya berubah.

Aaron mulai tidur pada jam 8 malam dan terbangun di jam 7 pagi. Ia juga tidak lagi terbangun karena mimpi buruk di tengah malam.

"Sungguh menakjubkan. Sekarang kami adalah keluarga normal. Aaron pergi ke tempat tidur, dan kemudian aku bersama Matthew bisa duduk bersama-sama dan memiliki waktu yang lebih berkualitas," ujar Maryann kepada Daily Mail.
Aaron tidak dapat tidur dengan nyenyak sejak dilahirkan. Ia lahir 14 minggu lebih awal dari jadwal kelahiran normal. Saat itu, Aaron harus dibangunkan setiap jam di rumah sakit untuk di cek kondisi kesehatannya. Ia baru diizinkan pulang saat usianya empat bulan, ia pun tidak pernah bisa tidur dengan nyenyak.

Pisang membantu Aaron untuk tidur dengan nyenyak, karena dianggap sebagai sumber yang baik untuk meningkatkan magnesium dan potasium, yang membantu mengendurkan otot-otot yang tegang.

Menurut Saundra Dalton-Smith,MD, penulis “Set Free to Live Free”, pisang juga mengandung tryptophan, yang mengkonversi kandungan tersebut ke serotonin danmelatonin, yang merupakan hormon kunci untuk menenangkan otak.

Para ahli juga mengatakan bahwa selain pisang, makanan lain yang dapat membantu tidur lebih nyenyak adalah roti gandum dan selai kacang.

0 komentar:

Posting Komentar