Jumat, 25 Oktober 2013

Sumpah Untuk Indonesia





Pemuda Indonesia harus mampu memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai dengan bidang dan kemampuannya masing masing. Terdengar klise namun dibalik itu semau peran pemuda dalam turut berperan secara aktif membangun Indonesia bukanlah semudah membalik telapan tangan.  Bagaimana upaya pemuda dan pemudi Indonesia dalam membangun bangsa  dan tanah air Indonesia saat sekarang ini?

Tidak mungkin menunggu sampai seluruh rakyat Indonesia bergelar sarjana untuk bisa membangun negeri ini.   Contoh yang sederhana adalah profesi mulia seperti guru. Mengapa harus Guru yang menjadi contoh teladan bagi kita semua? 

Tidak mungkin dinafikan peran guru lah turut membentuk karakter pemuda dan pemudi Indonesia sejak duduk di bangku pendidikan dasar  hingga mungkin sampai pada tinggkat pendidikan tinggi. Sungguh beruntung kepada mereka yang diberikan kesempatan merasakan bangku pendidikan hingga ke jenjang yang lebih tinggi atau universitas.

Jika berprofesi menjadi seorang guru maka berbuatlah yang terbaik sebagai pendidik dan pengajar.  Mendidik  calon pemimpin bangsa di masa depan dan membekalinya dengan pengetahuan dan bimbingan mental yang baik sehingga tidak akan terpengaruh oleh budaya hedonis yang berdampak buruk bagi perkembangan mental mereka.  

Sudah bukan rahasia lagi budaya Korupsi harus dianggap sebagai musuh utama bangsa Indonesia yang harus benar benar diperangi dan dibersihkan sampai ke akar akarnya.  Pemuda dan Pemudi Indonesia juga dapat mengfungsikan dirinya sebagai kontrol sosial agar arah pembangunan Bangsa Indonesia berjalan sesuai dengan yang telah diamanatkan  dalam Sumpah Pemuda tahun 1928

Jika Segenap komponen bangsa dengan kemampuan dan potensi yang ada pada dirinya punya kesempatan untuk berbuat untuk bangsa Indonesia , marilah mulai dari sekarang  wujudkan tekad untuk membangun bangsa ini dengan mengajak semua pemuda  pemudi Indonesia bersumpah

Pertama. Bersumpah Untuk Membangun.  Bahwa pemuda dan pemudi di seluruh Indonesia dapat memainkan perannya yang aktif dengan berkontribusi untuk bangsa dan negaranya mulai dari lingkungan yang paling sederhana dalam rumah tangga hingga kepada bangsa Indonesia

Kedua. Besumpah Untuk Maju.  Dengan bekal dan kemampuan serta ketrampilan yang dimiliki pemuda dan pemudi Indonesia diharapkan mampu melakukan terobosan dalam mengembangkan diri dengan menyerap ilmu dan teknologi terbaru demi mewujudkan bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Ketiga. Bersumpah Untuk Setia. Ketahanan pemuda dan pemudi Indonesia dalam menghadapi tekanan Internasional yang berpotensi memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa harus dapat diredam serta ditangkal sedini mungkin.
 Ada banyak hambatan dan rintangan yang menghadang pemuda pemudi Indonesia.  

Dari tantangan, dan hambatan itulah pemuda pemudi Indonesia harus kembali menyusun kerangka dan konsep dirinya untuk membentuk kekuatan baru negeri ini  untuk bersama sama dengan komponen bangsa lainnya membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.  Semoga.

0 komentar:

Posting Komentar