Selasa, 17 April 2012

Rahasia di Balik Keripik Sayuran






Saat senggang, pekerjaan mengemil adalah hal yang menyenangkan. Tak heran jika toples di rumah selalu terisi dengan berbagai jenis makanan.  Isi toples paling banyak adalah aneka kripik. Teksturnya yang renyah dan ringan selalu menjadi pilihan favorit cemilan.

Banyak jenis keripik yang dijual di pasaran, termasuk kripik sayuran. Unik, lezat dan ada nutrisinya. Selain buat cemilan, kripik sayuran juga dapat dijadikan teman makan.

Untuk membuat keripik sayuran yang renyah ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena jika tidak, keripik buatan Anda akan layu, dan tidak crispy lagi. Hal ini dikarenakan sayuran memiliki kandungan air yang cukup banyak.

1. Pilih sayuran terbaik
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis sayuran yang berkualitas. Jika Anda ingin sayuran dengan tekstur yang menyerupai kentang Anda dapat memilih sayuran jenis labu, lobak, ubi, wortel dan bit.

2. Metode memasak
Metode tradisional dengan menggunakan banyak minyak dalam menggoreng mungkin bisa menjadi pilihan tepat. Tetapai jika Anda ingin keripik yang sehat Anda dapat menggunakan metode panggang atau dengan menggunakan microwave.

3. Kulit atau non kulit
Pilihan ini dapat disesuaikan dengan selera. Jika Anda menyukai keripik dengan kulit, Anda dapat mencuci bersih terlebih dahulu kemudian mengirisnya. Tetapi jika Anda ingin keripik bersih tanpa kulit, sebaiknya sayur dikupas terlebih dahulu kemudian baru mengirisnya.

4. Iris tipis

Ketika Anda siap mengiris sayuran, gunakanlah pisau setajam mungkin untuk mendapat hasil yang tipis. Ukuran irisan yang tebal akan membuat sayuran tidak renyah.

5. Air garam
Untuk menghasilkan keripik sayuran yang renyah, kandungan air di dalamnya harus dikeluarkan terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan merendamnya di larutan air garam sebelum digoreng. Waktu yang dibutuhkan sekitar 20-30 menit. Selanjutnya sayuran dibilas dengan air bersih dan dikeringkan.

6. Finishing
Hal yang perlu diperhatikan agar tekstur renyahnya bertahan lama adalah cara penyimpanan. Dinginkan keripik yang telah digoreng sebelum disimpan dalam toples. Hawa panas dalam toples akan menimbulkan uap air.

0 komentar:

Posting Komentar